You need to enable javaScript to run this app.

The Power of Emak Emak Siap bantu percepatan penurunan Stunting di Solok Selatan melalui Tim Pendamping Keluarga

  • Sabtu, 02 Maret 2024
  • Admin Dinas
  • 0 komentar
The Power of Emak Emak Siap bantu percepatan penurunan Stunting di Solok Selatan melalui Tim Pendamping Keluarga

Muaralabuh, 2 Maret 2024.

Sebanyak 51 emak-emak (ibu-ibu) di Kecamatan Sungai Pagu yang terdiri dari Bidan, Kader KB dan Kader PKK siap menjadi ujung tombak percepatan penurunan stunting di tingkat nagari melalui program Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Tim Pendamping Keluarga merupakan sekelompok tenaga yang dibentuk dan terdiri dari Bidan, Kader TP PKK dan Kader KB untuk melaksanakan pendampingan meliputi penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan dan fasilitasi penerimaan program bantuan sosial kepada calon pengantin/calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, anak usia 0-59 bulan serta melakukan surveilans keluarga berisiko stunting untuk mendeteksi dini faktor-faktor risiko stunting.

Untuk meningkatkan kapasitas seluruh kader TPK di solok selatan, telah dilakukan Orientasi TPK dalam upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting. Orientasi ini diberikan kepada 303 kader atau yang tergabung dalam 101 tim dengan jadwal yang berbeda disetiap Kecamatan yang pada hari ini dilaksanakan khusus untuk TPK di Kecamatan Sungai Pagu.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan Orientasi TPK Kecamatan Sungai Pagu, Bapak Ibrahim, SH. MM , Camat Sungai Pagu menyampaikan "Kita mengharapkan dari orientasi TPK ini dapat meningkatkan sumber daya manusia TPK akan semakin memahami tugas, peran dan fungsinya masing-masing, oleh karena itu ikutilah kegiatan orientasi ini dengan penuh perhatian dan keseriusan dari pagi hari sampai sore". 

Kegiatan Orientasi TPK Tingkat Kabupaten Solok Selatan akan dilaksanakan di setiap Kecamatan dengan rentang waktu di mulai dari tanggal 28 Februari - 15 Maret 2024 dengan jumlah sasaran TPK Se Kabupaten Solok Selatan sebanyak 303 orang anggota TPK yang dilaksanakan di Aula masing-masing Kantor Camat. 

Kegiatan Orientasi TPK di Kecamatan Sungai Pagu hari ini dihadiri oleh BKKBN Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Ibu Dinil Fauzia. Adapun Narasumber nya yaitu ibu Yenni Efrianti, S.Si, Apt (Kepala Bidang Dalduk), Pak Angga Mandala, SKM (TA Satgas Stunting Kabupaten Solok Selatan), dan Ibu Ol (Penyuluh Keluarga Berencana. Kegiatan berjalan lancar dan sukses selama 8 jam pelajaran dengan Materi, antara lain: Mekanisme Kerja TPK, Pemutakhiran data sasaran keluarga resiko stunting dan Penggunaan aplikasi Elsimil.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

-

- Kepala DP2KB -

Selamat datang di Website Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner